Teknik Kombinasi Makanan Untuk Dapatkan Nutrisi Tinggi

lifestyle | 10 July, 2018 16:05 WIB , Oleh Josepus Orias Dias

Apel dan Coklat. Foto : Doknet

WOWChannelz.com -  Selayaknya lagu yang terdengar semakin merdu jika didendangkan bersama, kolaborasi antar dua jenis makanan berbeda ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan yang lebih berlipat ganda dibandingkan ketika dimakan terpisah. Kombinasi makanan ini dikenal sebagai food synergy. Prinsipnya, nutrisi tertentu dalam suatu makanan dapat bekerja lebih baik di dalam tubuh ketika didukung oleh nutrisi lain yang sesuai.

Food synergy, teknik kombinasi makanan berbeda untuk dapatkan nutrisi yang lebih tinggi

Tidak semua makanan bisa dikombinasikan sebagai food synergy. Maka, simak daftar lengkapnya di bawah ini.


1. Teh Hijau dan Lemon

Kombinasi Makanan
Teh Hijau dan Lemon. Foto : Doknet

Teh hijau mengandung polifenol aktif disebut katekin, atau dikenal juga dengan epigallocatechin-3-gallate (ECGC), yang telah terbukti membantu memerangi sel kanker dan penyakit kardiovaskular.

Hasil penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang minum setidaknya satu cangkir teh hijau setiap hari lebih kebal terhadap risiko penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang tidak minum teh hijau.

Menambahkan perasan sari buah lemon, jeruk nipis, atau grapefruit (jeruk bali merah) ke dalam secangkir teh hijau dapat membantu penyerapan teh hijau lebih baik di dalam tubuh.

2. Ikan dan Bawang Putih

Kombinasi Makanan
Bawang Putih dan Ikan. Foto : Doknet

Jika selama ini Anda mengolah ikan dengan berbagai rempah dan bumbu masak, cobalah cara yang lebih sederhana yaitu hanya dengan menambahkan bawang putih.

Bukan cuma menciptakan rasa yang lebih sedap, kombinasi makanan ini dilaporkan membantu berangsur-angsur menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida dalam tubuh ketika dimakan bersamaan.

Pilihan lainnya, Anda bisa kunyah bawang putih mentah dan minum suplemen minyak ikan setelahnya. Jika merasa mual membayangkannya, Anda bisa memanggang bawang putih atau mengolahnya bersama makanan lain (misalnya tumis sayuran), barulah minum suplemen minyak ikan.

Baca juga :


3. Apel dan Coklat

Kombinasi Makanan
Apel dan Coklat. Foto : Doknet

Kombinasi makanan lainnya yang bisa Anda coba adalah apel utuh lengkap dengan kulitnya dan coklat hitam batangan (dark chocolate)

Kulit apel mengandung quercetin, yakni flavonoid bersifat antiradang yang membantu menangkal dan mempercepat pemulihan berbagai penyakit. Mulai dari serangan jantung, asma, katarak, dan asam lambung.

Coklat juga mengandung polfenol katekin yang merupakan antioksidan untuk membantu mencegah pengerasan arteri, yang bisa berujung pada serangan jantung.

Nah, ketika keduanya dimakan bersamaan, maka senyawa-senyawa yang dikandungnya dapat memperbaiki kondisi pembuluh darah sekaligus menjaga kesehatan jantung.

4. Apel dan Raspberry

Kombinasi Makanan
Apel dan Raspberry. Foto : Doknet

Selain baik saat dimakan bersama coklat, apel juga bisa memberi manfaat kesehatan yang tak kalah baik ketika dimakan bersama raspberry. Ya, penelitian yang dimuat dalam Journal of Nutrition membuktikan bahwa asam ellagic, salah satu jenis antioksidan yang banyak ditemukan dalam raspberry, buah delima, walnut, dan cranberry, mampu mendukung kerja quercetin yang ada di dalam buah apel guna membunuh sel kanker.

Elaine Magee, seorang ahli gizi, menjelaskan bahwa ribuan senyawa fitokimia dalam buah dan sayuran serta kacang dan biji-bijian disinyalir mampu bekerja lebih baik ketika dipasangkan dengan nutrisi lain yang bisa mendukung fungsinya di dalam tubuh. Lebih lanjut, para ilmuwan berpendapat bahwa suplemen dengan kandungan nutrisi tunggal tidak bisa menyamai kekuatan dari nutrisi dalam kombinasi makanan ini.


5. Bawang Bombay dan Kacang-kacangan

Kombinasi Makanan
Bawang Bombay dan Kacang. Foto : Doknet

Sama halnya dengan ikan dan bawang putih, kombinasi makanan dari bawang bombay dan kacang-kacang juga sering muncul dalam sajian sehari-hari. Selain lebih enak, menggabungkan kedua makanan ini tanpa disadari memberikan manfaat yang lebih baik bagi kesehatan tubuh.

Senyawa sulfur dalam bawang bombay, bawang putih, dan daun bawang bisa meningkatkan cara kerja tubuh menyerap lebih banyak zat besi dan seng dari makanan biji-bijian dan kacang-kacangan.

Zat besi berperan besar untuk mengedarkan oksigen di sekujur tubuh. Itu sebabnya Anda bisa mudah kelelahan dan tidak fokus saat tubuh kekurangan zat besi. ( Jod/Jod )

Komentar :