Pelajar SMP Daftar ke KUA Ingin Nikah Muda

viral | 16 April, 2018 20:01 WIB , Oleh Fildzah Adra Arifah

Pelajar SMP mendaftar ke KUA untuk menikah muda. Foto : Doknet

WOWChannelz.com -  Kisah bocah nikah muda kembali viral. Kali ini, sepasang kekasih yang masih SMP di Bantaeng, Sulawesi Selatan memilih untuk segera menikah.

Usia anak laki-laki baru 15 tahun 10 bulan sedangkan yang perempuan masih 14 tahun 9 bulan.

Mereka telah mendaftarkan perkawinannya ke KUA Kecamatan Bantaeng dan mengikuti Bimbingan Perkawinan, Kamis (12/4/2018).

Syarif Hidayat, selaku Penghulu Fungsional pada KUA Kecamatan Bantaeng, mengaku baru kali ini melihat permohonan pernikahan dari anak yang usianya begitu belia.

"Ini pertamakalinya saya dapat ada Catin (calon pengantin) semuda ini. Usianya kan biasa nanti diatas yang dipersyaratkan, apalagi ini dua-duanya sangat muda," ujarnya saat ditanya oleh media.

Pelajar SMP Daftar ke KUA Ingin Nikah Muda
Siswa SMP. Foto : Doknet/Ilustrasi

Lantaran usia mereka yang belum memenuhi syarat, pihak KUA setempat sempat menolak dengan mengeluarkan blanko N9 (penolakan pencatatan). Tapi ternyata, kedua sejoli ini tidak menyerah walau permohonan mereka sudah ditolak pihak KUA.

Mereka mengajukan permohonan dispensasi ke Pengadilan Agama Bantaeng. Hasilnya, permohonan mereka dikabulkan.

Baca juga :

"Sempat ditolak, karena usia keduanya masih belum cukup. Tapi rupanya mengajukan dispensasi dan disetujui oleh Pengadilan Agama," lanjut Syarif Hidayat.

Karena dispensasi itu, tidak ada lagi alasan pihak KUA untuk menolak permohonan pernikahan dua remaja yang masih di bawah umur ini. Setelah menyetuji, pihak KUA, Syarif kemudian mencari tahu informasi dari keduanya. Alasan apa yang membuat mereka ingin menikah muda.

Pelajar SMP Daftar ke KUA Ingin Nikah Muda
Siswa SMP Nikah Muda. Foto : Doknet

Ternyata, bukan karena perempuan yang sudah berbadan dua ataupun dijodohkan. Keputusan itu memang keinginan kuat keduanya, karena anak perempuan itu diketahui takut tidur sendiri. Anak perempuan ini mengalami kisah sedih terkait orangtuanya.

"Dari informasi tantenya. Anak ini takut tidur sendiri, karena ibunya meninggal setahun lalu dan ayahnya yang kerap keluar daerah karena urusan kerjaan," tuturnya.

Anak perempuan ini diketahui masih mengenyam pendidikan di kelas 2 SMP. Bahkan ia dikenal berprestasi oleh teman-teman sekelasnya. (Flz/Flz)